Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL GULMA DAN PENGELOLAANNYA

MENGENAL GULMA DAN PENGELOLAANNYA

MENGENAL GULMA DAN PENGELOLAANNYA

1. Gulma adalah Semua Tanaman Liar yang Tumbuh disekitar Tanaman Utama yang Kita Budidayakan.

2. Gulma pada dasarnya dibagi menjadi tiga golongan yaitu Gulma Berdaun Lebar, Gulma Berdaun Sempit dan alang-alang.

3. Gulma bersaing dengan tanaman utama untuk mendapatkan unsur hara, air, dan sinar matahari.

4. Gulma dapat dilakukan secara manual (penyiangan dengan tangan), secara mekanis (menggunakan alat penyiang atau alat lain pada saat tanaman ditanam dalam satu baris), melalui pengaturan budidaya (penggunaan kultivar tanaman yang bersaing dengan gulma, bedengan yang sudah basi, pemberian mulsa, rotasi tanaman) dan/atau  secara kimia (menggunakan herbisida).

 4. Pengelolaan gulma secara kimiawi dapat dilakukan dalam tiga tahap: Pra tanam (pembakaran), pra tumbuh, dan pasca tumbuh.

 5. Herbisida pembakar sebelum tanam bersifat non-selektif dan diterapkan sebelum kita menabur tanaman untuk membunuh gulma yang ada.  Herbisida ini sangat penting dalam sistem pertanian berbasis zerotill/konservasi.

 6. Herbisida pratumbuh diterapkan setelah tanaman disemai tetapi sebelum gulma muncul, 1-3 hari setelah penyemaian atau pemindahan, dengan memastikan kelembapan yang memadai pada saat penyemprotan.

 7. Herbisida pasca tumbuh diterapkan setelah tanaman dan gulma muncul, umumnya pada tahap 3-4 daun.

 8. Pilih herbisida yang sesuai untuk tanaman tertentu dengan mempertimbangkan jenis gulma yang menjadi masalah di lapangan (berdaun lebar, rumput atau rumput) dan tahap pengendalian gulma (yaitu pra-tanam, pra-tumbuh, atau pasca-tumbuh). 

Posting Komentar untuk "MENGENAL GULMA DAN PENGELOLAANNYA"