Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jengkol

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jengkol

Apakah kamu tahu Jengkol? Tanaman jengkol termasuk salah satu tanaman khas yang berada di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, khususnya di Jawa Barat, tanaman jengkol banyak tumbuh dengan ketinggian yang dapat mencapai 6 sampai 20 meter.


Tanaman jengkol biasanya sangat baik pertumbuhannya pada daerah yang musim kemaraunya tidak terlalu panjang durasinya. Tanaman jengkol ini mempunyai manfaat untuk konservasi air. Hal ini dikarenakan ukuran pohonnya yang dapat tumbuh dengan sangat tinggi.

Tanaman jengkol dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap dan hal ini dapat berpengaruh pada keringat, urin, dan feses yang lebih berat jika dibandingkan dengan petai. Walaupun demikian, peminat jengkol tetap banyak karena kelezatan rasa makanan hasil olahan jengkol ini.

Untuk mengetahui ilmu penggolongan tumbuhan, khususnya tanaman jengkol dengan jelas, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman jengkol terlebih dahulu. Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jengkol tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

 

Klasifikasi Tanaman Jengkol

Untuk mengenal tanaman jengkol dengan jelas dan secara mendalam, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman jengkol ini sendiri. Dalam sistematika tumbuhan, tanaman jengkol dapat diklasifikasikan dalam kingdom Plantae yang menandakan bahwa jengkol termasuk tumbuhan dan sub kingdom Tracheobinta yang termasuk tumbuhan berpembuluh.

Tanaman jengkol juga termasuk ke dalam super divisi Spermatophyta atau tumbuhan yang dapat menghasilkan biji dengan divisi Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga. Selain itu, tanaman jengkol termasuk dalam kelas Magnoliospida atau tumbuhan yang berkeping dua dengan sub kelas Rosidae.

Tanaman jengkol termasuk dalam ordo Fabales dengan famili Fabaceae atau tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan dan genus Pithecollobium. Tanaman jengkol ini juga masuk dalam spesies Pithecollobium lobatum benth.

 

Morfologi Tanaman Jengkol

Selain klasifikasi tanaman jengkol yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga harus mengetahui tentang morfologinya. Hal ini dikarenakan klasifikasi dan morfologi tanaman jengkol harus dipahami dengan jelas dan mendalam.

1. Morfologi Batang Tanaman Jengkol

Perlu kamu tahu bahwa tanaman jengkol mempunyai batang yang berbentuk bukat dan berkayu. Batangnya ini tumbuh dengan tegak dan sedikit licin. Batang tanaman blewah ini juga tumbuh bercabang yang berwarna cokelat kotor. Batang tanaman jengkol dapt tumbuh hingga mencapai tinggi 20 meter, bahkan ada yang melebihi itu.

 

2. Morfologi Daun Tanaman Jengkol

Daun tanaman jengkol termasuk daun majemuk yang memiliki anak daun yang letaknya saling berhadapan. Daun tanaman jengkol berbentuk lonjong dengan tepi rata dan ujung yang runcing. Untuk pangkal daunnya berbentuk membulat. Pertulangan daun jengkol ini adalah menyirip.

 

3. Morfologi Akar Tanaman Jengkol

Tanaman jengkol mempunyai akar tunggang yang tumbuhnya lurus dalam tanah. Akar tunggang ini dapat membantu tanaman jengkol untuk mencari makanan. Biasanya akar tanaman jengkol ini berwarna cokelat kotor.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Jengkol

Tanaman jengkol juga mempunyai bunga yang termasuk dalam bunga majemuk. Bunga ini tumbuh di ujung batang tanaman dan juga di ketiak daun. Untuk kelopak bunga tanaman jengkol ini berbentuk seperti mangkuk.

5. Morfologi Buah Tanaman Jengkol

Buah dari tanaman jengkol ini berbentuk bulat yang mempunyai warna cokelat yang sedikit kehitam-hitaman.

6. Morfologi Biji Tanaman Jengkol

Perlu kamu tahu bahwa selain buah, tanaman jengkol ini juga mempunyai biji. Biji dari tanaman jengkol berbentuk bulat agak pipih yang berwarna putih kekuningan, merah, dan cokelat saat sudah matang. Biji ini juga mempunyai dua keping. Biji tanaman jengkol ini dilapisi oleh kulit tipis yang berwarna cokelat mengkilap.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jengkol yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam menambah pengetahuan, khususnya ilmu penggolongan tumbuhan jengkol ini. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jengkol"