Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Apakah kamu tahu jambu bol? Jambu bol atau yang biasa disebut sebagai jambu kepala termasuk salah satu tanaman buah yang masih berkerabat dekat dengan jambu-jklambuan. Umumnya, jambu bol ini mempunyai daging buah yang bertekstur lembut dan lebih padat jika dibandingkan dengan tekstur jambu air.


Buah yang bernama ilmiah Syzygium makaccense ini berasal dari Malaka. Selanjutnya, tanaman jambu bol ini tersebar luas di berbagai dunia, tidak tertinggal juga Asia Tenggara. Tanaman jambu bol ini juga mempunyai sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Ada yang menyebutnya malay apple, jambu jambak, jambu bool, dan lain sebagainya.

Apakah kamu ingin mengenal tanaman jambu bol secara mendalam? Untuk itu, kamu harus mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol secara lengkap. Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol, simaklah ulasannya di bawah ini.

 

Klasifikasi Tanaman Jambu Bol

Sebelum mengenal secara mendalam tentang jambu bol, kamu harus mengenal dengan lengkap klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol ini. Dalam sistematika tumbuhan, tanaman jambu bol ini diklasifikasikan dalam kingdom Plantae dan sub kingdom Tracheobionta.

Tanaman jambu bol ini juga termasuk dalam super divisi Spermatophyta dengan divisi Magnoliophyta. Selain itu, tanaman jambu bol ini masuk dalam kelas Magnoliopsida dengan sub kelas Rosidae. Tanaman jambu bol ini termasuk dalam famili Myrtaceae dengan genus Syzygium. Tanaman jambu bol termasuk dalam spesies Syzygium malaccense (L) Merr & L.M. Perry.

 

Morfologi Tanaman Jambu Bol

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman jambu bol, kamu juga harus mengetahui penjelasan tentang morfologi tanaman jambu bol itu sendiri. Hal ini dikarenakan klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol perlu kamu ketahui secara mendalam dan lengkap.

1. Morfologi Akar Tanaman Jambu Bol

Tanaman jambu bol mempunyai akar yang berjenis tunggang dengan cabangnya yang mempunyai ukuran kecil. Akar dari tanaman jambu bol ini dapat menembus tanah sampai kedalaman 5 hingga 10 meter. Akar tanaman jambu bol ini mempunyai fungsi yang penting untuk tanaman itu sendiri, yaitu untuk mengangkut air dari tanah.

 

2. Morfologi Batang Tanaman Jambu Bol

Tanaman jambu bol mempunyai batang yang berukuran sedang. Untuk tingginya, jambu bol ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter. Tanaman jambu bol mempunyai batang yang lurus dengan cabang rendah. Batang tanaman jambu bol ini memiliki tekstur yang kasar dengan diameter sekitar 20 sampai 45 cm, bahkan ada yang melebihi ukuran tersebut.

 

3. Morfologi Daun Tanaman Jambu Bol

Tanaman jambu bol mempunyai daun tunggal yang letaknya saling berhadapan. Selain itu, tanaman jambu bol juga mempunyai tangkai yang pendek dengan kisaran 1 sampai 1,5 cm. Bentuk dari daun jambu bol ini adalah lonjong dengan permukaan yang terkesan kasar. Selain itu, daun jambu bol juga mempunyai pertulangan yang menonjol di permukaan daunnya.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Jambu Bol

Tanaman jambu bol mempunyai bunga yang letaknya di bagian ranting. Bunga jambu bol ini bertangkai pendek dan tumbuh bergerombol. Dalam satu gerombol, biasanya terdapat 1 sampai 12 kuntum bunga. Bunga jambu bol biasanya berwarna merah keunguan.

 

5. Morfologi Buah Tanaman Jambu Bol

Tanaman jambu bol mempunyai buah yang bentuknya bulat dengan garis tengah sekitar 5 sampai 8 cm. Buah tanaman jambu bol ini berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi merah tua saat sudah matang. Buah jambu bol mempunyai daging padat dengan rasa yang sedikit asam dan manis.

 

Demikianlah penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam menambah pengetahuan terkait tanaman, khususnya ilmu penggolongan tumbuhan jambu bol ini. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol"