Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Apakah kamu tahu kacang tanah? Tumbuhan yang mempunyai nama latin Arachis Hypogae L. Adalah salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam polong-polongan. Awalnya, tanaman kacang tanah ini banyak ditanam oleh suku Indian. Namun sekarang ini, tanaman kacang tanah sudah banyak tumbuh di berbagai negara, salah satunya di Indonesia.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan tanaman yang sangat disukai oleh banyak masyarakat. Hal ini dikarenakan kacang tanah mempunyai rasa dan aroma yang sangat khas. Kacang tanah banyak digunakan untuk bahan makanan, misalnya seperti bahan pembuatan sambal, bumbu gado-gado, dan banyak makanan olahan lainnya.

Untuk mengetahui ilmu penggolongan tumbuhan, khususnya tanaman kacang tanah, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah terlebih dahulu. Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah, simaklah ulasan di bawah ini.

 

Klasifikasi Tanaman Kacang Tanah

Untuk mengenal tanaman kacang tanah secara mendalam, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa klasifikasi tanaman kacang tanah itu sangat kompleks dan terbagi dalam beberapa jenis. Tanaman kacang tanah dapat diklasifikasikan dalam kingdom Plantae yang menunjukkan bahwa kacang tanah adalah tumbuhan.

Selain itu, kacang tanah juga masuk dalam divisi atau fillum Spermatophyta atau tumbuhan yang berbiji dengan kelas Dycotyledoneae atau tumbuhan yang berbiji yang berkeping dua. Tanaman kacang tanah juga termasuk dalam ordo Leguminales dengan famili atau suku Papilionaceae dan genus Arachis. Yang tidak kalah pentingnya, kacang tanah termasuk spesies Arachis Hypogae L.

 

Morfologi Tanaman Kacang Tanah

Setelah mengetahui penjelasan klasifikasi tanaman kacang tanah di atas, kamu juga harus mengetahui morfologinya. Hal ini dikarenakan klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah merupakan hal yang harus kamu tahu untuk mengenal tanaman ini lebih dalam.

1. Morfologi Akar Tanaman Kacang Tanah

Perlu diketahui bahwa tanaman kacang tanah mempunyai akar yang memiliki nodul atau biasanya dikenal dengan berbintil. Hal ini dikarenakan adanya hubungan mutualisme antara tanaman kacang itu sendiri dengan bakteri N Rhizobium Sp. Selain itu, tanaman kacang tanah juga berakar tunggang dan terdapat akar cabang yang tumbuh di akar tunggang tersebut.

 

2. Morfologi Batang Tanaman Kacang Tanah

Batang tanaman kacang tanah ini berbentuk kerdil dan berbuku. Awalnya, batang tanaman kacang tanah ini berbentuk tunggal yang selanjutnya ditumbuhi cabang-cabang. Umumnya, kacang tanah ini memiliki tinggi batang yang berkisar 30 sampai 50 cm. Bahkan, ada juga yang tingginya lebih dari itu.

 

3. Morfologi Daun Tanaman Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah memiliki daun yang bersifat majemuk dengan sirip genap. Daun tanaman kacang tanah berbentuk bulat, oval, dan sedikit lancip.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah mempunyai bunga yang terlihat seperti kupu-kupu dengan warna kekuningan. Tanaman kacang tanah ini akan berbunga saat usia tanam memasuki 4 sampai 6 minggu. Waktu yang tepat untuk tanaman kacang tanah berbunga adalah saat malam hari. Perlu diketahui bahwa tanaman kacang tanah akan mekar selama kurang lebih 24 jam. Setelah masa itu, bunga akan layu dan selanjutnya gugur.

Polong yang ada dalam kacang tanah mempunyai warna putih kecokelatan dengan disertai kulit yang keras. Biasanya, setiap polong mempunyai 1 sampai 4 biji kacang tanah. Biji kacang tanah ini berbentuk bulat dan lonjong. Selain itu, biji ini juga dilapisi oleh lapisan tipis yang berwarna putih kemerahan.

 

Demikian penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman kacang tanah yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat untuk kamu dalam menambah pengetahuan khususnya ilmu penggolongan tanaman kacang tanah itu sendiri. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Tanah"