Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedondong

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedondong

Apakah kamu tahu kedondong? Kedondong merupakan salah satu tanaman buah yang banyak tumbuh di berbagai daerah tropis. Dalam bahasa Inggris, buah kedondong ini biasanya disebut dengan ambarella, otaheite apple, dan juga great hog plum. Perlu diketahui bahwa di setiap negara, nama buah kedondong ini berbeda-beda.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedondong

Jenis buah kedondong yang paling unggul adalah kedondong bangkok yang banyak ditanam oleh para petani. Selain kedondong bangkok, ada juga kedondong kendeng dan juga kedondong karimun jawa. Bahkan, sekarang ini banyak ditemukan budidaya tanaman kedondong jenis bangkok untuk ditanam dalam sebuah pot.

Untuk mengenal tanaman kedondong dengan jelas, kamu harus tahu klasifikasi dan morfologi tanaman kedondong terlebih dahulu. Untuk mengetahui penjelasan lengkap dan mendalam tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kedondong, simaklah ulasannya di bawah ini.

 

Klasifikasi Tanaman Kedondong

Untuk mengenal tanaman kedondong dengan lengkap dan mendalam, kamu perlu tahu klasifikasi dan morfologi tanaman kedondong. Dalam sistematika tumbuhan, tanaman kedondong diklasifikasikan dalam kingdom Plantae dan sub kingdom Tracheobionta. Selain itu, tanaman kedondong ini juga termasuk ke dalam super divisi Spermatophyta dan divisi Magnoliophyta.

Tanaman kedondong dalam klasifikasinya termasuk kelas Magnoliopsida dengan sub kelas Rosidae. Tanaman kedondong juga masuk dalam ordo Sapindales dengan famili Anacardiaceae. Genus untuk tanaman kedondong adalah Spondias dan termasuk spesies Spondias dulcis Forst.

 

Morfologi Tanaman Kedondong

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman kedondong, kamu juga harus mengetahui morfologi tanaman kedondong juga. Hal ini perlu diketahui karena klasifikasi dan morfologi tanaman kedondong merupakan hal penting yang harus diketahui.

1. Morfologi Akar Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong mempunyai akar tunggang yang tumbuh lurus ke dalam tanah. Akar tanaman kedondong ini berwarna cokelat tua.

2. Morfologi Batang Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong mempunyai batang yang berkayu cukup keras dan kuat. Hal ini dikarenakan kayu tanaman kedondong ini bentuk batangnya bulat dan tumbuh dengan sangat tegak. Cabang batang tanaman kedondong ini sulit ditemukan karena pertumbuhannya kalah cepat dengan pertumbuhan cabangnya. Permukaan batang tanaman kedondong ini bertekstur halus dengan warna putih kehijauan.

 

3. Morfologi Daun Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong berdaun majemuk dengan bentuk yang lebar. Helai daun bagian tengahnya berbentuk oval dengan pangkal dan ujung daun yang runcing. Warna daun tanaman kedondong ini berwarna hijau dengan panjang sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar 3 sampai 6 cm. Daun tanaman kedondong ini memiliki tulang yang menyirip dengan anak daun yang berpasangan.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong ini mempunyai bunga yang majemuk dan berbentuk malai. Hal ini membuat letak ibu tangkai bunga tersebut mempunyai cabang monopodial dengan panjang antara 24 sampai 40 cm. Bunga tanaman kedondong memiliki delapan benang sari yang berwarna kuning. Sedangkan warna bunga tanaman kedondong itu sendiri adalah putih kekuningan.

 

5. Morfologi Buah Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong mempunyai buah buni yang lapisan luarnya tipis dan kaku. Untuk lapisan dalam buah ini adalah tebal, sedikit lunak, dan berair yang biasanya berbentuk lonjong. Buah kedondong ini kaya akan serat dan berwarna hijau kekuningan. Biasanya, buah kedondong akan tumbuh dalam jumlah yang banyak.

 

6. Morfologi Biji Tanaman Kedondong

Tanaman kedondong mempunyai biji yang berbentuk bulat dan mempunyai serat yang kasar. Warna biji tanaman kedondong ini biasanya putih kekuningan.

Demikian ulasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman kedondong yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat untuk kamu untuk menambah pengetahuan, khususnya ilmu penggolongan tumbuhan kedondong. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedondong"