Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma Lengkap

Kurma merupakan jenis tanaman yang masih termasuk dalam kerabat palem, serta buahnya sering dijadikan makanan pokok di wilayah Timur Tengah. Sekitar awal 4000 SM, tanaman kurma ini diperkirakan tumbuh di daerah Teluk Persia yang kemudian dibudidayakan sejak zaman kuno sampai zaman pra sejarah di Mesir.

Dari sinilah, sudah mulai banyak ditemukan bukti-bukti bahwa tanaman kurma ini sudah mulai banyak dikembangkan di berbagai wilayah. Tidak hanya itu, tanaman ini pun disebarluaskan oleh para pedagang Arab mulai dari bagian utara Afrika, barat daya dan selatan Asia, Italia hingga Spanyol. Kurma bahkan mulai disebarkan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765, di daerah California dan Mexico.

Di Indonesia sendiri, kurma menjadi makanan khas saat bulan Ramadhan atau menjadi oleh-oleh wajib ketika umroh dan haji. Ada beberapa jenis kurma yang cukup disukai oleh banyak orang, yaitu kurma Madinah, kurma Tunis, kurma Mesir, kurma Iran, kurma lulu, kurma sukari dan kurma nabi. Harga buah kurma di pasaran pun berbeda-beda tergantung jenisnya, misalnya kurma nabi dan kurma sukari termasuk kurma yang dijual dengan harga cukup mahal.  Nah, kali ini akan dibahas apa sajakah klasifikasi dan morfologi tanaman kurma. Yuk mari simak.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma

1. Klasifikasi Tanaman Kurma

Klasifikasi dan morfologi tanaman kurma yaitu tanaman kurma atau Phoenix dactylifera L. ini termasuk dalam famili Arecaceae atau suku palem. Tanaman ini memiliki jenis ordo Arecales, genus Phoenix, termasuk dalam kingdom Plantae, jenis sub kingdom Tracheobionta, super divisi Spermatophyta, divisi Magnoliophyta. Selain itu, tanaman kurma juga termasuk dalam kelas Liliopsida, dan jenis sub kelas Arecidae.

2. Morfologi Tanaman Kurma

Klasifikasi dan morfologi  tanaman kurma yang pertama adalah daun. Daun dari tanaman kurma ini memiliki bentuk daun menyirip dengan duri pada tangkai daun. Daun ini memiliki ukuran dengan 30 cm dan lebar mencapai 2 cm untuk daun muda yang berjumlah sekitar 150 pucuk. Panjang dari daun tanaman kurma ini berukuran sekitar 3 hingga 5 cm.

Tanaman kurma ini memiliki batang berbentuk bulat dan tidak merata serta berdiameter mencapai 30 sampai 45 cm lebih. Tanaman ini tumbuh secara berumpun dari akar tunggal pada sejumlah batangnya maupun secara tunggal. Pohon dari tanaman kurma ini dapat tumbuh setinggi sekitar 15 hingha 25 m untuk pohon yang berukuran sedang.

Klasifikasi dan morfologi tanaman kurma selanjutnya yaitu bunga. Bunga dari tanaman kurma ini memiliki mahkota dengan rentang ukuran sekitar 6 sampai 10 m, yang secara morfologis bunga betina dan bunga jantan tampak sulit dibedakan. Bunga ini juga tidak memiliki batang yang bercabang dan terdapat dua rumah setinggi 16 hingga 20 m.

Klasifikasi dan morfologi tanaman kurma selanjutnya adalah buah dan biji. Buah dari tanam kurma ini dikenal dengan cita rasanya yang manis dan berwarna kemarahan, cokelat gelap hingga kuning muda. Buah kurma ini memiliki ukuran sekitar 2 hingga 7,5 cm dan berbentuk lonjong. Untuk biji buah kurma ini sendiri, yaitu memiliki bentuk memanjang dengan warna cokelat muda, serta panjang dari biji kurma ini mencapai lebih dari 1 cm.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kurma. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mencari materi pelajaran tentang bab tersebut. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma Lengkap"