Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Labu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Labu-Tanaman labu atau yang bernama Latin Cucurbita moschata  ini adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan bagian Utara dan Amerika Tengah. Saat ini labu pun telah tersebar luas di berbagai negara di seluruh kawasan tropis maupun subtropis seperti Indonesia. Labu juga menjadi tanaman yang sering di tanam untuk keperluan perladangan.

Tanaman labu sendiri sering dijadikan olahan makanan yang lezat seperti kolak, kue dan lain sebagainya. Biji labu juga dapat dikonsumsi sebagai kuaci. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada tanaman labu sangat baik untuk kesehatan dan mampu mengatasi kanker. Tidak hanya itu, di beberapa negara di dunia labu kerap kali digunakan sebagai hiasan berbentuk wajah yang unik saat merayakan Halloween.


Nah, berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman labu yang perlu kamu ketahui

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Labu

1. Klasifikasi Tanaman Labu

Klasifikasi dan morfologi tanaman labu yaitu tanaman ini masuk dalam famili Cucurbitaceae yang bergenus Cucurbita L. dan bagian dari spesies Cucurbita moschata Duchesne. Tanaman labu termasuk dalam kingdom Plantae, sub kingdom Viridiplantae, infra kingdom Streptophyta, super devisi Embryophyta, divisi Tracheophyta, sub divisi Spermatophytina dan juga termasuk dalam kelas Magnoliopsida. Selanjutnya tanaman labu ini berordo Cucurbitales dengan super ordo Rosanae.

2. Morfologi Tanaman Labu

Klasifikasi dan morfologi tanaman labu yang pertama adalah akar. Akar pada tanaman labu ini muncul dari perkecambahan biji labu yang kemudian menjadi tunas dan akar pertama. Lalu akar ini tumbuh menjadi akar rambut yang akan tumbuh semakin banyak. Akar labu ini bisa mencapai radius sekitar 30 sampai 40 cm.

Klasifikasi dan morfologi tanaman labu selanjutnya adalah batang. Batang dari tanaman labu ini memiliki bentuk yang menjalar atau merambat, serta terdapat kait berbentuk seperti spiral pada batangnya. Labu juga termasuk dalam tanaman yang jarang berkayu dan berakar lekat serta memiliki bulu-bulu halus. Panjang batang dari tanaman labu ini dapat tumbuh kurang lebih 5 meter.

Daun pada tanaman labu ini memiliki ciri-ciri yaitu daunnya berukuran besar sekitar 20 x 30 cm dengan panjang tangkai daun 12 sampai 30 cm. Daun labu ini termasuk dalam jenis daun dengan bentuk menjari yang bertangkai dan seperti jantung. Daun ini memiliki permukaan daun kasar dengan warna hijau.

Tanaman labu ini memiliki bunga yang berbentuk seperti lonceng dan berwarna kuning. Terdapat bunga jantan dengan ciri tangkai yang panjang dan tipis serta bunga betina, keduanya akan muncul ketika tanaman berumur 1,5 bulan. Bunga pada tanaman labu ini akan melakukan penyerbukan dengan bantuan serangga maupun angin.

Klasifikasi dan morfologi tanaman labu berikutnya adalah buah dan biji. Buah dari tanaman labu ini ada yang memiliki bentuk memanjang, lonjong atau pipih tergantung dari varietas labu tersebut. Buah ini memiliki warna kuning kecokelatan dan hijau muda saat tanaman labu masih muda.

Tanaman labu ini memiliki biji berbentuk lonjong atau bulat serta pipih dengan ujung meruncing. Biji dari tanaman ini terletak di tengah buah dan jumlahnya sangat banyak. Biji labu ini juga dapat dikonsumsi secara aman sebagai kuaci yang enak dan sehat.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman labu yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang klasifikasi dan morfologi tanaman labu. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Labu"