Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Buah mangga merupakan salah satu jenis buah yang digemari oleh banyak orang karena cita rasanya yang lezat serta nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Buah mangga ini banyak dikonsumsi dan dijadikan berbagai olahan makanan yang sehat dan lezat, seperti jus, puding, selai, manisan mangga, dimakan secara langsung, rujak atau bahkan dijadikan sambal mangga. Selain itu, nutrisi dan vitamin dalam mangga ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman mangga atau dalam nama latin disebut sebagai Mangifera spp. ini termasuk tanaman berkeping dua yang banyak tumbuh baik di daerah dataran rendah dan dataran tinggi. Tanaman yang masih termasuk dalam famili Anarcadiaceae ini memiliki warna yang beragam mulai dari kuning, hijau atau merah tergantung dari varietas mangga itu sendiri. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman mangga yang perlu kamu ketahui.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

1. Klasifikasi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan morfologi tanaman mangga yaitu tanaman ini termasuk dalam genus Mangifera spp. dan famili Anarcadiaceae serta kingdom Plantae. Tanaman mangga ini berordo Sapindales serta termasuk dalam kelas Dicotyledon. Lalu termasuk juga dalam divisi  Spermatophyata dan sub divisi Angiospermae.

2. Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan morfologi tanaman mangga yang pertama yaitu akar. Tanaman mangga ini mempunyai akar berjenis akar tunggang dan bercabang yang dapat tumbuh sepanjang kurang lebih 6 meter. Akar cabang yang terletak di bawah ini memang relatif sedikit yaitu hanya mencapai kedalaman 30 hingga 60 cm. Akar dari tanaman mangga ini akan berhenti memanjang jika telah mencapai permukaan tanah.

Tanaman mangga ini memiliki batang yang berbentuk tegak, lurus, kuat dan keras. Karakteristik dari kulit batang tanaman mangga ini adalah kasar serta tidak beraturan dengan warna kecokelatan dan kehijauan. Warna kehijauan itu disebabkan oleh lumut yang menempel pada kulit batang tanaman mangga.

Klasifikasi dan morfologi tanaman mangga selanjutnya adalah daun. Ciri-ciri daun dari tanaman mangga ini memiliki badan tulang berurat serta uratnya tertutup oleh daun. Daun mangga ini berwarna hijau tua dan hijau muda dengan bentuk ujung daun meruncing, namun ada sebagian juga yang bentuknya tumpul. Jenis daun pada tanaman mangga tersebut biasanya tergantung dari varietas mangga itu sendiri.

Tanaman mangga memiliki warna hijau, kuning dan kemerahan muda. Bunga tanaman mangga ini tumbuh dari tunas ujung atau disebut majemuk. Bunga terbentuk dari proses penyerbukan pada bunga betina dan bunga jantan, yang kemudian akan memunculkan terjadinya pembuahan dengan bantuan angin dan lainnya.

Tanaman mangga dikenal dengan rasanya yang asam manis dan lezat. Bentuk buah mangga ini sendiri ada yang oval, lonjong dan bulat berwarna kekuningan, hijau tua atau hijau kekuningan saat matang. Tanaman mangga ini memiliki kulit tipis dan kadang tebal serta daging buah tanaman mangga ini tebal dan lezat untuk dikonsumsi.

Klasifikasi dan morfologi tanaman mangga yang terakhir adalah biji. Tanaman mangga ini termasuk dalam tanaman dengan berkeping dua atau yang biasa disebut dikotil. Biji dari tanaman mangga ini memiliki warna  abu-abu atau warna putih keabu-abuan. Biji tanaman ini biasanya digunakan untuk penanaman atau untuk keperluan lainnya.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman mangga. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman mangga. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga"