Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Kelapa atau yang bernama latin atau nama ilmiah Cocos nucifera ini merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk dalam kekerabatan suku arecaceae. Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari bunga, pelepah, batang, daun, buah hingga akarnya pun bisa di manfaatkan oleh manusia. Bahkan akar tanaman kelapa telah menginspirasi penemuan yang sangat bersejarah, yaitu penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam yang ada di Bandar Udara Soekarno Hatta.

Tanaman yang kaya akan manfaat ini berasal dari pinggiran Samudera Hindia, barulah kemudian menyebar luas ke seluruh pantai yang ada di dunia termasuk Indonesia. Tanaman kelapa ini masih termasuk dalam anggota marga Cocos dari suku aren-arenan. Kelapa bisa secara alami tumbuh di pantai hingga mencapai ketinggian 30 meter dari pohon, serta 1.000 meter dari permukaan laut.

Untuk mengenal lebih dalam tentang tanaman kelapa, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa. Untuk lebih jelasnya yuk simak klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa berikut ini.

 


Klasifikasi Tanaman Kelapa

Untuk mengetahui tanaman kelapa secara mendetail, kamu harus mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa terlebih dahulu. Dalam sistematika tumbuhan, tanaman kelapa ini termasuk dalam Kingdom Plantae, Divisi Spermatophyta, Kelas Magnoliophyta, Ordo Arecales, Famili Arecaceae, Genus Cocus, dan juga Spesies Cocus nucifera.

Morfologi Tanaman Kelapa

Selain Klasifikasi tanaman kelapa yang telah diulas di atas, ada baiknya untuk mengetahui juga bagaimana Morfologi tanaman kelapa itu sendiri. Hal ini dikarenakan klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa harus dipahami dengan baik dan juga mendetail. Berikut ini adalah morfologi tanaman kelapa yang bisa kamu simak.

1. Morfologi Akar Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa memiliki akar serabut, tebal dan juga berkayu. Biasanya, akar tanaman ini akan berkerumun dan membentuk bonggol, serta hidup pada daerah pantai yang dipenuhi pasir. Namun, pada tanaman kelapa yang baru bertunas akan terlihat sangat cepat dan berlapis akibat akar tunggang yang dimilikinya. Akar yang dimiliki mempunyai struktur yang lembut dan  berair pada bagian dalam, serta memiliki warna kecokelatan.

2. Morfologi Batang Tanaman Kelapa

Hal selanjutnya yang dibahas adalah morfologi batang tanaman kelapa. Tanaman ini bisa tumbuh tegak dan ke atas karena merupakan batang tunggal, serta beruas-ruas dan juga berkayu. Namun, kayu yang dihasilkannya kurang baik jika dimanfaatkan untuk bangunan seperti batang kayu tanaman lainnya. Terdapat pelepah-pelepah daun yang menempel dan susah untuk dilepas, sehingga ketika tanaman sudah tua akan membuat batang kelapa berwarna hitam beruas akibat pangkal pelepah yang masih tersisa di batang.

3. Morfologi Daun Tanaman Kelapa

Daun yang ada pada tanaman kelapa memiliki bentuk seperti bulu unggas. Pada pangkal pelepah, daun membentuk dua baris duri yang tampak tajam dan keras pada kedua sisinya. Daun yang ada tersusun berbaris dua hingga mencapai ke ujung daun.

4. Morfologi Bunga Tanaman Kelapa

Perlu kamu ketahui bahwa tanaman kelapa memiliki bunga yang termasuk dalam bunga majemuk. Bunga akan tumbuh saat usia tanaman kelapa memasuki 3-4 tahu. Bunga yang tumbuh akan muncul di ketiak daun dan diselubungi oleh spatha atau seludang bunga. Selain itu, bunga pada tanaman kelapa juga memiliki tandan bunga atau yang populer disebut dengan mayang. Biasanya sering dimanfaatkan sebagai hiasan dalam upacara perkawinan adat.

5. Morfologi Buah Tanaman Kelapa

Buah pada tanaman kelapa merupakan buah sejati tunggal yang berdaging. Buah tanaman ini sendiri tersusun dari kulit buah yang keras dan licin, mengandung minyak, serta memiliki tempurung berwarna hitam dan juga keras atau yang biasa disebut dengan batok. Selain itu, daging buah tanaman kelapa ini sendiri berwarna putih, mengandung minyak dan dimanfaatkan untuk membuat santan.

Demikian informasi mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kelapa. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan untuk kamu.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa"