Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Morfologi dan Klasifikasi tanaman sawo

Morfologi dan Klasifikasi tanaman sawo-Pembahasan ciri dan morfologi sawo yang pertama tanaman yang memiliki nama latin Manilkara Kauki L adalah tumbuhan yang berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim tertentu.  Tanaman ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah tepatnya pada Guatemala. Tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki ciri buah berwarna cokelat pada kulit buahnya maupun pada daging buahnya.

Sawo sendiri memiliki dua perbedaan yaitu sawo liar dan sawo hasil budidaya. Biasanya sawo liar ini terdapat di daerah-daerah seperti hutan maupun daerah perkebunan yang sudah tidak dipakai. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman sawo :

Klasifikasi dan morfologi tanaman sawo

1. Klasifikasi Tanaman Sawo

Berikut merupakan nama – nama ilmiah dari tanaman sawo yang perlu ada ketahui :

a. Kingdom : Plantae

b. Divisi : Spermatophyta

c. Subdivisi : Angiosperma

d. Kelas : Dicotyliedonae

e. Bangsa : Ebanales

f. Suku : Sapotaceae

g. Marga : Achras

h. Jenis : Achras zapota L

2. Morfologi tanaman sawo

Setelah membahas tentang klasifikasi ilmiah dari tanaman sawo, saatnya kita mengetahui tentang ciri – ciri nya juga. Berikut penjelasannya :

a. Bunga

Tanaman sawo adalah tanaman yang berbuah tanpa mengenal musim, karena tumbuhan ini akan berbuah sepanjang tahun. Dengan karakteristik yang paling menonjol adalah tumbuhan ini akan tumbuh besar dan memiliki daun yang rindang. Pada beberapa keadaan tanaman sawo dapat tumbuh mencapai ketinggihan 20 hingga 30 meter.

Bunga pada tumbuhan sawo memiliki warna cokelat kehitaman yang tersusun dalam 2 lingkaran bunga yaitu posisi mahkota dengan bentuk genta dan beberapa bentuk lainnya seperti putih ataupun memanjang. Tanaman sawo mampu tumbuh dan berkembang dengan baik pada kondisi cuaca yang panas. Tentunya pada kondisi ini tanaman tersebut lebih sering menggugurkan daunnya untuk mengurangi efek penguapan dari sinar matahari.

b. Daun

Klasifikasi dan morfologi tanaman sawo pada bagian daun, daun yang muncul pada ranting tanaman ini adalah daun dengan posisi tunggal atau memisah yang terletak pada ujung ranting nya. Ranting pada pohon sawo memiliki karakteristik sedikit berbulu dan berwarna hijau tua dengan bentuk daun yang lebih ke arah lonjong atau oval.

c. Batang

Klasifikasi dan morfologi tanaman sawo pada batang dapat dengan mudah kita ketahui karena pohon sawo biasanya memiliki batang yang besar, dengan kulit batang pohon yang berwarna cokelat muda dan berbatang kasar. Sekilas batang pohon sawo memiliki ciri yang sama persis dengan pohon mangga yang juga memiliki kulit yang kasar pada batang nya. Sama hal nya dengan mangga sawo juga memiliki bercak kehitaman pada kulit pohonnya hanya saja yang membedakan daun mangga dengan daun sawo adalah daunnya. Karena daun pada pohon mangga cenderung oval dan memanjang.

d. Buah

Bentuk buah sawo adalah oval dan beberapa sawo jenis tertentu juga memiliki bentuk bulat. Dengan warna cokelat kehijauan pada kulit buahnya dan sedikit berbulu serta warna buah yang berwarna cokelat. Klasifikasi dan morfologi tanaman sawo terutama pada buahnya memiliki rasa yang manis dan disukai oleh kelelawar buah. Kelelawar inilah yang turut bertanggung jawab atas penyebaran tanaman ini.

Sekilas bentuk sawo memiliki kemiripan dengan buah kiwi yang namun perbedaan yang paling mencolok adalah buah sawo memiliki warna cokelat tua sedangkan pada buah kiwi memiliki warna cokelat muda dengan warna kehijauan pada kulit buahnya. Karena berbuah sepanjang tahun sawo menjadi buah yang paling banyak memenuhi pasaran. itu tadi beberapa informasi mengenai Klasifikasi dan morfologi tanaman sawo yang perlu anda ketahui, tentunya masih banyak kekurangan informasi yang dapat diberikan. Tentunya untuk mengambil beberapa sumber dari beberapa buku lain dirasa penting untuk mendapat informasi yang lebih lengkap mengani tanaman sawo. 

Posting Komentar untuk "Morfologi dan Klasifikasi tanaman sawo"