Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun

Kamu sering makan rujak buah? Pasti tidak asing dengan yang namanya tanaman mentimun. Tanaman yang juga sering disebut timun dan berasal dari Thailand ini memiliki nama latin Cucumis sativus L. Tanaman mentimun tumbuh secara merambat, serta memiliki batang berwarna hijau bergaris dengan bentuk yang memanjang.

Selain itu, pada setiap tanaman mentimun akan memiliki jumlah buah sekitar 10-16 buah pertanaman nya. Nah, untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap mengenai tanaman mentimun, berikut adalah Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun yang wajib kamu ketahui.


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun

1. Klasifikasi Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun berasal dari jenis Kingdom Plantae, Divisi Spermatophyta, Subdivisi Angiospermae, Kelas Cucurbitales, Famili Cucurbitaceae, Genus cucumis dan juga Spesies Cucumis sativa L.

2. Morfologi Tanaman Mentimun

Klasifikasi dan Morfologi tanaman mentimun yang pertama adalah bagian akar. Akar pada tanaman mentimun ini sendiri memiliki akar serabut dan tunggang. Akar yang ada tumbuh lurus ke dalam tanah hingga kedalaman mencapai 20-30 cm, sedangkan pada akar serabut hanya bisa tumbuh di permukaan tanah saja.

Selanjutnya adalah batang, dimana batang yang dimiliki tanaman mentimun ini berwarna hijau, mempunyai bulu yang panjang hingga mencapai 1,5 meter, serta mengandung air dan terkesan lunak atau lembek. Tanaman ini mempunyai sulur dahan yang berbentuk spiral yang keluar pada sisi tangkai daun. Sulur tersebut memiliki ujung yang sensitif jika disentuh, sehingga apabila disentuh akan terjadi perubahan seperti mengkerut dan sebagainya.

Daun pada tanaman mentimun memiliki bentuk yang bulat dengan ujung runcing berganda, serta berwarna kehijauan muda ataupun tua. Tidak hanya itu, daun tanaman mentimun bergerigi, mempunyai bulu halus, serta tulang daun dan bercabang-cabang. Daun ini terletak di bagian batang pada sisi tanaman, yaitu berselang-seling dengan daun lainnya.

Pada Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun selanjutnya, yaitu bagian bunga. Bunga tanaman mentimun ini memiliki warna kuning dan berbentuk seperti trompet. Seperti tanaman pada umumnya, tanaman mentimun memiliki bunga jantan dan juga betina yang masih ada dalam satu tanaman. Bunga betina memiliki bekal buah di bawah mahkota bunga yang berbentuk lonjong dan membengkok, sedangkan bunga jantan tidak.

Tanaman mentimun mempunyai buah pada ketiak daun ataupun batang. Bentuk buahnya pun beragam dan bervariasi tergantung varietasnya, yaitu memiliki diameter hingga mencapai 7 cm. Kulit buah mentimun memiliki bintik-bintik kecil dan garis yang berwarna hijau keputih-putihan, serta hijau gelap tergantung jenis dan usianya.  

Warna yang dimiliki buah mentimun sangatlah bervariasi, yaitu antara hijau, hijau gelap, ataupun hijau muda tergantung varietasnya. Namun, pada saat usia tua, warna buah mentimun akan berubah menjadi cokelat bersisik, kuning tua ataupun putih bersisik. Biasanya akan menjadi bakal dalam memproduksi benih selanjutnya yang akan di tanam. Ukurannya bisa mencapai diameter 2-5 cm atau tergantung kultivar.

Tidak hanya warnanya yang beragam, namun buah mentimun juga memiliki bentuk yang beragam pula. Bentuk buah mentimun berkisar antara bentuk bulat, lonjong, panjang dengan pangkal buah yang melekuk, meruncing, melingkar, ujung dan pangkal buah meruncing, dan juga tidak beraturan.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman mentimun yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang klasifikasi dan morfologi tanaman mentimun. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mentimun"