Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan

Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan

Tinggal pada daerah yang memiliki iklim sub tropis memiliki keuntungan sendiri terutama dalam hal tanaman, karena kebanyakan tumbuhan dapat tumbuh subur pada iklim ini. Rambutan adalah buah yang memiliki ciri khas dengan rambut buah yang menyelimuti kulit luar pada buah, dan memilki daging buah berwarna putih dengan biji tengahnya. Memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang cukup banyak, meskipun tidak sebanyak buah  pear ini memiliki nama latin Nephelium lappaceum L. Pohon buah rambutan sendiri biasa nya tumbuh pada daerah dataran tinggi, meskipun beberapa buah rambutan juga dapat tumbuh pada daerah dataran rendah. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan :


Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan

1. Klasifikasi tanaman rambutan

Dalam klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan kali ini akan membahas tentang klasifikasi ilmiahnya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya :

a. Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

b. Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

c. Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

d. Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

e. Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)

f. Sub Kelas: Rosidae

g. Ordo: Sapindales

h. Famili: Sapindaceae

i. Genus: Nephelium

j. Spesies: Nephelium lappaceum L

 

2. Morfologi tanaman rambutan

Berikut merupakan ciri – ciri dari tanaman rambutan yang perlu diketahui :

 

 

a. Akar

Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan pada akarnya yaitu dengan ciri akar yang dimiliki tumbuhan ini adalah memiliki akar tunggal. Yaitu adalah akar yang tersusun dalam 1 akar utama yang dikelilingi akar yang lebih kecil di sekitarnya. Dalam beberapa sumber akar pohon rambutan ini biasanya di gunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

 

b. Batang Pohon Rambutan

Pohon yang banyak tumbuh pada daerah yang memiliki suhu yang cukup sejuk, yaitu berkisar antara 25 derajat Celcius ini dapat tinggi hingga mencapai 8 meter. Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan pada batang nya memiliki ciri yang sangat mudah dikenali batangnya memiliki perpaduan warna cokelat dan beberapa bintik putih pada batang buah. Umumnya batang yang dimiliki oleh pohon rambutan memiliki batang dengan ciri yang keras, dan pertumbuhan batangnya sendiri sangat tergantung dari air yang diserap. Semakin rendah serapan air maka dapat dipastikan semakin pendek batang dari pohon buah ini.

 

c. Daun Rambutan

Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan pada bagian daun memiliki bentuk bulat dengan beberapa variasi yang biasanya tergantung pada umur pohon tersebut. Daun dengan karakteristik majemuk dengan bentuk yang menyirip, biasanya pada satu ranting terdapat antara 5 sampai 9 daun tergantung pada kondisi air yang pohon tersebut dapatkan. Karena kondisi air yang di dapatkan oleh pohon ini sangat berpengaruh pada jumlah daunnya.

 

d. Bunga Pohon Rambutan

Bunga yang ada pohon rambutan terpisah antara jantan dan betina, proses bunga yang muncul pada pohon rambutan biasanya . Pada saat musim kemarau tumbuhan rambutan menghentikan pertumbuhannya untuk menyeimbangkan kondisi udara. Pada saat penyerbukan tumbuhan banci (hemafrodit) lah yang akan menghasilkan bunga jantan pada saat pertumbuhan vegetatif. Dan setelah pertumbuhan tersebut baru akan diikuti dengan tumbuhnya bunga betina saat setelah bunga jantan telah muncul.

e. Buah rambutan

Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan selanjutnya adalah pada buah rambutan yang memiliki bentuk lonjong dengan memiliki panjang sekitar 5-6 cm. Pada kulit buah rambutan terdapat bulu atau rambut yang menjadi ciri khas dan penamaan dari buah ini.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang tanaman rambutan. Selain rasanya yang manis dan enak, anda pun harus memperhatikan jumlah dalam mengonsumsnya, bagaimanapun sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan? Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan"