Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang

Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang Lengkap-Mendengar buah pisang atau pohon pisang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di negara dengan iklim tropis. Pisang adalah tumbuhan yang memiliki ciri daun besar dan memanjang dengan nama suku dalam bahasa latin atau nama ilmiah Musaceae . Tetapi tidak semua jenis pisang dapat kita konsumsi ada beberapa jenis pisang yang tidak dapat kita konsumsi buahnya.Makalah Budidaa Tanaman Pisang

Pisang adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah tropis, tentunya pisang memiliki beberapa jenis bahkan ada beberapa jenis pisang hasil persilangan seperti Musa acuminat, M. Balbisiana dan M. Paradisiaca. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman pisang :

Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang

1. Klasifikasi ilmiah dari tanaman pisang

Pada artikel klasifikasi dan morfologi tanaman pisang kali ini, kami akan membahas tentang klasifikasi ilmiahnya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya :

a. Kingdom : Plantae

b. Subkingdom : Trachebionta

c. Super divisi : Spermatophyta (dapat Menghasilkan biji)

d. Divisi : Magnoliophyta (merupakan tumbuhan berbunga)

e. Kelas : Liliopsida (termasuk tumbuhan monokotil)

f. Sub kelas : Commelinidae

g. Ordo : Zingiberales

h. Famili : Musaceae

i. Genus : Musa

j. Spesies :  Musa paradisiaca

 

2. Morfologi dari tanaman pisang

Setelah membahas tentang klasifikasi ilmiah, berikut merupakan ciri – ciri dari tanaman pisang yang perlu diketahui :

a. Akar

Pembahasan  mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman  pisang yang akan kita bahas pertama adalah bagian bawah dari tanaman tersebut. Akar pada  tanaman pisang  memiliki jenis akar yang berserabut,  dan tidak berakar tunggang, akar pisang memiliki warna cokelat gelap,  biasanya pisang akan tumbuh  menyamping pada permukaan tanah.

 

b. Batang

Selanjutnya pembahasan mengenai . Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang yaitu pada bagian batangnya. Batang pada tanaman pisang memiliki bentuk tengah bulat silindris dan kulit batangnya berlapis beberapa bagian. Pada batang pisang memiliki dua bagian ada yang disebut dengan batang asli dan batang semu. Tanaman pisang memiliki ciri yang sangat mudah kita kenali yaitu selalu tumbuh tunas baru pada batang bawah. Selain itu pada batang pisang memiliki ciri khas yaitu warna hijau yang bercampur warna kecokelatan.

 

c. Daun

Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang terutama pada bagian daun memiliki ciri dengan bentuk batang pada daun tersebut lurus memanjang dan daun yang melebar di antara kedua sisinya. Sedangkan pada daunnya kita dapat menandai dengan warna hijau pada permukaannya dan bentuk daun yang memanjang sedangkan pada belakang daun yang menghadap ke bawah terdapat warna putih.

 

d. Bunga

Pohon pisang juga memiliki bunga yang tumbuh pada posisi ujung atau pucuk dari buahnya yang tumbuh memanjang. Bunga dari tanaman pisang memiliki warna merah dan sering disebut sebagai jantung pisang dan berwarna merah. Hal ini dikarenakan jika tanaman telah berbuah dan berbunga maka ketika bunganya rontok dia tidak akan lagi bisa berbuah. Biasanya para petani akan memotong tumbuhan pisang yang telah berbuah dan membiarkan tunas baru muncul. Pada bunga tanaman pisang jika mekar akan terdapat warna kuning pada tengah bunga yang sering disebut mahkota.

e. Buah

Untuk buahnya pisang memiliki struktur buah yang unik yang itu memanjang dengan beberapa ruas. Posisi buah yang muncul dengan beruas-ruas tersebut biasa disebut tandan oleh orang jawa. Buah yang telah matang ditandai dengan warna buah yang telah berubah berwarna kuning. Tentunya tidak semua buah pisang yang telah matang berwarna kuning, ada beberapa jenis pisang yang telang matang namun tetap memiliki warna hijau. Serta ada beberapa jenis pisang yang memiliki biji dalam buahnya yang menyerupai kerikil yang tersebar pada buahnya.

Buah pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan menjadi buah yang memiliki kandungan manfaat yang sangat kompleks dari buah-buah yang lain. Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang mengungkap semua yang ada pada pohon pisang tersebut beserta ciri-cirinya. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan morfologi tanaman pisang"