Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Lengkap

Pepaya merupakan jenis tanaman yang dikenal dengan rasa buahnya manis dan enak. Buah pepaya ini banyak diolah menjadi aneka makanan, seperti campuran sop buah, jus, manisan, selai dan lain sebagainya. Tidak hanya buah, daun dari tanaman pepaya ini juga dapat di konsumsi. Tanaman pepaya ini kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.Makalah Budidaya Tanaman Pepaya

Tanaman pepaya ini termasuk dalam famili Caricaceae yang banyak dibudidayakan oleh para petani, terutama di Indonesia. Tanaman pepaya dibagi menjadi 4 genus yang terdiri dari Jacaranta, Carica, Cylicomorpha dan Jarila. Dari keempat genus tersebut, Carica menjadi genus yang paling diminati untuk dibudidayakan karena proses pertumbuhan dan perkembangannya terbilang cepat.

Lalu, apa sajakah klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya

1. Klasifikasi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya yaitu tanaman ini masih dalam anggota famili Caricaceae dengan genus Carica dari spesies Carica papaya L. Tanaman pepaya ini berasal dari kingdom plantae dan subkingdom Tracheobionta atau tanaman berpembuluh. Tanaman ini memiliki super divisi Spermatophyta dan divisi Magnoliophyta dengan kelas Magnoliosida serta sub kelas Dilleniidae.

2. Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya yang pertama adalah akar. Tanaman pepaya ini memiliki akar dengan jenis akar tunggang atau Radik primaria. Akar tembaga dalam tanaman tersebut akan terus tumbuh hingga menjadi akar pokok bercabang, lalu membentuk akar yang berukuran lebih kecil berwarna putih kekuningan dan bentuknya bulat.

Tanaman pepaya memiliki bentuk batang yang bulat dan terdapat berkas-berkas daun yang mirip spiral pada permukaan batangnya. Batang dari tanaman pepaya ini tumbuh lurus dan tegak, lalu terdapat rongga-rongga hasil dari pemutusan yang ada pada tangkai batang daun.

Klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya selanjutnya adalah daun. Tanaman pepaya memiliki daun yang berukuran besar dan tunggal. Ciri-ciri dari daun pepaya ini yaitu daunnya bergerigi dan berjari, serta tangkai daun yang panjang dengan warna putih kekuningan. Daun dari tanaman pepaya ini memiliki bentuk bulat dan bundar, ujung yang runcing dan juga berongga.

Untuk bunga dari tanaman pepaya ini, terbagi menjadi 3 jenis atau yang disebut dengan poligarn yaitu bunga sempurna, bunga betina dan bunga jantan. Biasanya bunga pepaya ini memiliki tangkai berukuran kecil dengan bagian atas runcing, serta berkelopak pada bagian tengahnya. Bunga ini juga memiliki warna putih  kekuningan.

Tanaman pepaya memiliki jenis buah sejati atau buah tunggal yang memiliki banyak biji di dalamnya. Buah dari tanaman pepaya akan tumbuh di bagian ketiak tangkai daun. Buah ini memiliki warna hijau, kuning saat buah matang dan kekuningan. Daging buah pepaya ini berwarna kemerahan dan tebal, selain itu rasanya manis dan enak untuk dikonsumsi.

Klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya yang terakhir adalah biji. Tanaman pepaya ini memiliki biji berbentuk bundar atau bulat hingga lonjong yang jumlahnya sangat banyak dan terdapat di dalam buah. Warna dari biji tanaman pepaya ini kehitaman dan kecokelatan. Bijinya juga dapat dimanfaatkan untuk ditanam kembali ke dalam media tanam dan dibudidayakan kembali.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam memperoleh informasi tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya"