Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka Lengkap

Tanaman nangka atau yang bernama latin Artocarpus heterophyllus Lamk ini merupakan tanaman yang sudah menyebar luas di seluruh dunia, terutama negara tropis seperti Indonesia. Tanaman yang berasal dari India ini memiliki nama yang beragam tergantung wilayah atau daerahnya. Tanaman nangka menjadi salah satu dari tanaman yang tergolong dalam jenis buah tahunan atau semusim, serta masih memiliki famili dengan Malvales dan berordo Urticales.


Tanaman nangka ini sangat mudah tumbuh dan berkembang pada daerah tropis ataupun subtropis dengan ketinggian berapapun. Berikut ini merupakan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka yang bisa kamu simak.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka

1. Klasifikasi Tanaman Nangka

Tanaman nangka termasuk dalam Kingdom Plantae, Sub Kingdom Tracheobionta, Super Divisi Spermatiphyta dan Divisi Magnoliophyta. Kemudian juga termasuk dalam Kelas Magniliopsida, Sub Kelas Dilleniidae, Ordo Urticales, Famili Moraceae, Genus Artocarpus dan Spesies Artocarpus heterophyllus.

2. Morfologi Tanaman Nangka

Tanaman nangka memiliki jenis akar tunggang yang memiliki percabangan cukup banyak. Akar yang ada bisa menembus permukaan tanah hinga kedalaman 10-15 meter loh! Hal tersebut tergantung dengan pertumbuhan serta perkembangan tanaman itu sendiri. akar tersebut sangat berguna dalam menyokong pertumbuhannya agar kuat dalam berdiri kokoh.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka selanjutnya adalah pada bagian daun. Daun pada tanaman nangka merupakan folium komplek atau tunggal, berbentuk bulat dan memanjang, ujung daun yang berbentuk runcing dan tepi daun yang rata. Permukaan daun tanaman nangka memiliki tulang dan berbentuk menyirip.

Selain itu, daun memiliki daging yang tipis dan juga lunak, permukaan atas berwarna hijau tua yang mengkilap. Sedangkan pada permukaan bawah daun terlihat kasar dan berwarna hijau muda. Daun tanaman nangka ini memiliki daun penumpu berbentuk segitiga dengan warna kuning kecokelatan.

Selanjutnya, pada Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka yaitu bagian bunga. Bunga pada tanaman nangka memiliki satu tanaman yang terdapat bunga betina dan juga bunga jantan. Bunga tersebut akan tumbuh pada ketiak daun yang tumbuh pada sisi cabang tua. Bunga jantan memiliki ciri yaitu berbentuk gada yang membengkok, serta berwarna kehijauan tua. Sedangkan pada bunga betina, bentuknya pipih dan juga silindris. Proses pembuahan tersebut terjadi di kelopak bunga dan benang sari, dimana proses penyerbukannya sendiri mendapat bantuan dari angin ataupun binatang yang ada di sekitar.

Tanaman nangka memiliki buah yang berbentuk gelendong memanjang, serta duri yang pendek dan lunak pada sisi luar. Daging buah yang sudah matang akan memiliki warna kuning keemasan, berbau harum dan sangat manis, serta berisi cairan atau nektar yang manis. Namun jika masih muda atau mentah, buah tanaman nangka ini dimanfaatkan untuk sayuran atau sebagai bahan campuran makanan. Salah satu olahan yang populer adalah sayur lodeh dan gudeg khas Yogyakarta.

Selain buah, tanaman nangka memiliki biji dengan bentuk bulat memanjang dan berwarna keabu-abuan. Namun tidak hanya itu, ada pula biji yang berbentuk bulat telur yang terdiri dari lapisan dalam yang tebal dan juga lapisan luar yang tipis berwarna putih. Biji tanaman nangka diselimuti dengan yang daging cukup tebal berwarna kuning hingga kuning pekat, dan juga terdapat pula keping biji yang tidak setangkup.

Demikian informasi mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang kebingungan mencari materi pelajaran terkait. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka"