Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas Lengkap

Tanaman nanas atau yang dikenal dengan nama Latin Ananas comusus ini merupakan jenis tanaman semak yang hidup hanya pada satu musim dalam setahun yaitu pada musim kering. Tanaman ini termasuk jenis tanaman tropis yang asalnya dari Brazil, Paraguay dan Bolivia. Selanjutnya, tanaman ini mulai tersebar luas ke seluruh dunia dan Indonesia termasuk salah satunya.

Tanaman nanas ini dikenal dengan rasa buahnya yang manis dan sedikit asam. Buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat seperti, jus, selai, rujak dan lain sebagainya. Buah dari tanaman nanas ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan enzim yang sangat kaya. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi asam lambung, mencegah osteoporosis, mengurangi peradangan dan membantu memecah protein hewani.


Nah, berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman nanas yang peru kamu ketahui.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas

1. Klasifikasi Tanaman Nanas

Klasifikasi dan morfologi tanaman nanas yaitu tanaman tropis ini termasuk dalam kingdom Plantae yang masih termasuk famili Bromeliaceae. Tanaman nanas termasuk dalam spesies Ananas comusus dari genus Ananas dengan Ordo Broneliales. Selain itu, berada dalam divisi Magnoliopphyta dan kelas Liliopsida.

2. Morfologi Tanaman Nanas

Klasifikasi dan morfologi tanaman nanas yang pertama adalah akar. Terdapat 2 jenis akar pada tumbuhan nanas, yaitu akar samping dan akar tanah yang termasuk akar serabut. Akar dari tanaman nanas ini muncul dari batang yang masuk ke dalam ruang yang terdapat daun dan batang. Hal ini membuat tanaman nanas berbentuk pipih dan melingkar karena akar tersebut terjepit.

Tanaman nanas memiliki batang yang  berfungsi sebagai tempat untuk melekatnya bunga, tunas, daun dan buah serta sebagai tempat akar untuk tumbuh. Ukuran dari batang nanas ini terbilang cukup pendek kurang lebih sekitar 20 sampai 30 cm. Batang nanas juga dapat menghasilkan buah dan tangkai bunga dari proses perpanjangan batang.

Klasifikasi dan morfologi selanjutnya adalah daun. Tanaman nanas memiliki daun yang sangat panjang dengan ukuran kurang lebih 130-150 cm dan lebarnya 3-5 cm. Daun nanas berwarna hijau tua, cokelat kemerahan serta merah tua dengan daun yang mengkilap dan halus pada permukaannya. Terdapat kurang lebih 70-80 helai daun tiap batangnya, letaknya mengelilingi batang dan berbentuk spiral. Daun pada tanaman nanas ini termasuk dalam jenis tanaman yang tidak memiliki tulang daun.

Tanaman nanas memiliki bunga dengan rangkaian  majemuk atau inflorecentia yang terletak pada ujung batang. Bunga pada tanaman bersifat bunga sempurna atau yang disebut dengan hermafrodit, karena terdapat benang sari dan putik. Jumlah bunga pada tanaman nanas ini dapat berjumlah kurang lebih 100-200 kuntum bunga yang memakan waktu 10-20 hari proses pertumbuhan.

Klasifikasi dan morfologi tanaman nanas yang terakhir adalah buah. Tanaman nanas termasuk dalam jenis tanaman yang memiliki buah majemuk yang dihasilkan dari 100-200  kuntum bunga yang berbentuk bulat dan memanjang. Buah nanas akan memiliki warna orange kekuningan saat sudah matang dan hijau saat buah masih muda. Tanaman nanas dapat dipanen setelah 5-6 bulan sejak tanaman ini berbunga. Rasa, ukuran, bentuk dan aroma buah pada tanaman nanas ini akan berbeda-beda tergantung varietas tanaman tersebut.

Demikian ulasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman nanas yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas"