Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka Lengkap

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka Lengkap

Semangka adalah buah yang di hasilkan dari tumbuhan merambat, yang biasanya ditanam di area perkebunan maupun persawahan. Semangka biasanya akan berbuah pada musim kemarau dengan bentuk buah yang besar dengan diameter 15 cm dan memiliki daging berwarna merah ataupun kuning. Serta memiliki banyak biji yang tersebar pada daging buahnya, buah yang memiliki banyak kandungan air ini terdapat dua jenis yang biasanya diperjual belikan yaitu yang memilki biji dan tanpa biji.

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka Lengkap

Semangka memiliki nama latin atau nama ilmiah Citrullus Lanatus Tun yang berasal dari benua Afrika. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman semangka :

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka

1. Klasifikasi Tanaman Semangka

Berikut merupakan nama – nama ilmiah dari tanaman semangka yang perlu diketahui :

a. Kingdom : Plantae

b. Divisi : Magnoliphyta

c. Kelas : Magnilopsida

d. Subkelas : Dileniidae

e. Ordo : Violales

f. Famili : Cucurbitaceae

g. Genus : Citrullus

h. Spesies : Citrullus Lanatus Tun

 

2. Morfologi Tanaman Semangka

Setelah nama – nama ilmiah dari tanaman semangka, mari kita lanjutkan denga ciri – ciri dari tanaman semangka. Berikut penjelasannya:

a. Buah Semangka

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka terutama pada buah nya yang biasanya berbuah pada musim kemarau. Buah yang memiliki ukuran yang besar ini dengan warna hijau dan terdapat garis hijau muda pada kulit buahnya. Buah semangka terutama pada kulitnya berupa tempurung yang melindungi daging buah dengan prinsip seperti cangkang pada telur. Kadang bentuk buah dari semangka tidak selamanya berbentuk bulat, hal ini dikarenakan beberapa penjual dari buah tersebut merekayasa bentuk dari buah semangka seperti bentuk kotak dan lainnya.

b. Daun

Sedangkan untuk Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka khususnya pada daunnya, daun dari semangka ini memiliki bentuk yang bergelombang. Dengan daun yang memiliki jarak antara daunnya yang lainnya dan memiliki bulu halus pada tulang daunnya. Panjang daun dari tanaman ini memiliki panjang bervariasi dari 3cm sampai 25cm dan memiliki bentuk tanaman yang memanjang. Seperti halnya tanaman merambat lainnya daun semangka memiliki bentuk lancip dan dengan karakteristik menjulur.

c. Pohon

Tidak seperti pohon tanaman yang lainnya pada semangka  klasifikasi dan morfologi tanaman semangka memiliki tubuh pada tanamannya yang merambat. Seperti halnya dengan beberapa tanaman merambat lainnya seperti melon yang juga berbuah pada saat musim kemarau. Dengan memiliki batang yang ditutupi bulu halus hampir pada semua bagian batang pada tumbuhan tersebut. Karena memiliki bentuk yang merambat tanaman semangka membutuhkan media untuk tumbuh.

d. Bunga

Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka yang berikut nya adalah pada bagian bunga yang tumbuh pada sela dan batang dari tanaman tersebut. Bunga pada tanaman semangka ini berwarna kuning, pada tanaman semangka memiliki tiga jenis bunga sekaligus yaitu bunga jantan, betina dan bunga sempurna. Perbandingan dari jenis bunga yang muncul pada tanaman semangka memiliki perbandingan sebesar 6:1 dan tanaman semangka akan berkembang pada saat musim kemarau.

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman semangka yang dapat kami berikan, beberapa jenis semangka anda berada di pasaran memiliki beberapa jenis mulai dari dagingnya yang berwarna kuning hingga semangka yang tidak memiliki biji. Karena kandungan airnya yang sangat tinggi tumbuhan semangka menjadi bauh yang sangat pas untuk di konsumsi saat musim kemarau tiba. Tanaman ini juga menjadi alternatif pendapatan lain bagi para petani ketika musim kemarau dan sawah kering.

Semangka jenis tertentu memiliki berat yang dapat mencapai 3 kg tentunya dengan jenis semangka tertentu. Meskipun kadang ada beberapa penjual yang kurang bertanggung jawab dengan menyuntikkan sejumlah air pada semangka mereka. Semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat untuk anda!

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan morfologi tanaman semangka Lengkap"