Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap

Kamu tentu tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Aroma buah yang sangat menggoda membuatnya digemari oleh semua orang dari berbagai kalangan. Tanaman durian ini memiliki nama latin Durio dan tumbuh dengan baik di berbagai negara yang memiliki iklim tropis terutama di Indonesia.

Selain aroma buah dan rasa yang sangat menggoda durian memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu bisa memperlancar pencernaan karena terdapat kandungan serat didalamnya. Selain itu buah pada tanaman durian ini mengatasi penyakit anemia dan sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Itulah penjelasan sekilas tentang tanaman durian. Apakah kamu ingin mengetahui tentang tanaman durian lebih dalam lagi ? kamu bisa membaca klasifikasi dan morfologi tanaman durian dibawah ini. Yuk simak klasfikasi dan morfologi tanaman durian!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

1. Klasifikasi Tanaman Durian

Tanaman durian termasuk ke dalam kingdom plantae dan subkingdom tracheobionta atau tumbuhan yang berpembuluh. Tanaman durian juga memiliki klasifikasi yang lainnya seperti super divisi spermatophyta atau menghasilkan biji, divisi maghnoliophyta atau tumbuhan yang berbunga.

Nah selain itu, tanaman durian termasuk dalam kelas meagniolipsida atau tumbuhan berkeping dua, sub kelas dillenidae, ordo malvales, famili bombaceae, genus durio dan klasifikasi tanaman durian yang terakhir adalah termasuk spesies durio zibhethinus murr.

2. Morfologi Tanaman Durian

Setelah membahas tentang klasifikasi tanaman durian, kita akan membahas tentang morfologi tanaman durian. Berikut adalah morfologi tanaman durian

a. Batang

Batang tanaman durian memiliki kayu atau lignosus. Kayunya berbentuk silindris dan arah tumbuh batang tanaman durian ini adalah tegak lurus di setiap cabangnya. Nah saat tanaman durian ini tumbuh, cabangnya memiliki arah agak condong sedikit keatas dan ada juga yang tumbuh dengan mendatar. Kulit batang dalam tanaman durian ini berwarna coklat dan kulitnya sangat mudah mengelupas secara tidak beraturan.

b. Daun

Daun tanaman durian ini termasuk daun tunggal yang tidak lengkap. Bentuk tulang daun tanaman durian ini terlihat menyirip dan pada bagian ibu tulang daun memiliki bentuk yang memanjang mulai dari pangkal daun sampai ujung daun. Nah selain itu ciri fisik daun tanaman durian terlihat pada tepi daunnya yang rata dan memiliki tangkai yang berbentuk mirip silindris namun juga tidak terlihat tebal seperti pangkal tanaman durian ini.

c. Bunga

Bunga yang terdapat pada tanaman durian ini, termasuk jenis bunga yang sempurna. Mengapa disebut bunga yang sempurna ? karena, di dalam tanaman durian ini terdapat dua jenis kelamin yaitu kelamin jantan dan kelamin betina. Dalam melakukan penyerbukan, bunga tanaman durian ini melakukannya melalui kontak langsung dan terkadang juga dibantu oleh angina maupun hewan yang ada di sekitarnya.

d. Biji

Pada tanaman durian, terdapat biji yang memiliki bentuk memanjang dan dilengkapi berbagai serabut halus di bagian ujung biji tersebut. Selain itu, biji tanaman durian ini memiliki warna putih di bagian dalamnya dan berwarna kekuningan di bagian permukaannya. Biji tanaman durian terdiri dari berbagai lapisan yaitu lapisan luar atau epidermis dengan bentuk sangat tipis, dan lapisan dalam atau dermis dengan bentuk yang tebal.

e. Kulit

Kamu tentu mengetahui bentuk kulit dalam buah durian. Yup buah durian memiliki banyak duri yang sangat tajam dan runcing. Ketebalan kulit durian ini mencapai sebesar 1,5 – 2 cm dengan warna yang kekuningan bahkan ada juga yang berwarna kehijauan.

 

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman durian yang bisa kamu pelajari. Dengan mempelajari klasifikasi dan morfologi tanaman durian, pengetahuan kamu terhadap tanaman durian semakin bertambah dan lebih mengenal tanaman durian lebih detail lagi. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian Lengkap"