Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandaria

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandaria

Tentu kamu merasa asing dengan tanaman yang satu ini. Hal ini sangatlah wajar karena tanaman gandaria saat ini sudah mulai langkah. Tanaman yang memiliki nama latin Boeua gandaria blume ex miq ini, memiliki rasa yang kecut manis. Biasanya buahnya digunakan untuk rujak dan bisa diolah menjadi jus yang sangat segar.


Selain lezat diolah, tanaman gandaria ini memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya yaitu berfungsi sebagai kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sariawan, dan manfaat yang paling hebat tanaman ini berfungsi untuk mencegah kanker.

Nah selain manfaatnya yang banyak, berdasarkan penelitian tanaman gandaria ini memiliki klasifikasi dan morfologinya. Penasaran dengan klasifikasi dan morfologi tanaman gandaria ? yuk simak ulasannya dibawah!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gandaria

1. Klasifikasi Tanaman Gandaria

Klasifikasi tanaman gandaria diantaranya yaitu termasuk kingdom plantae, sub kingdom tracheobionta atau tumbuhan berpembulu. Tanaman gandaria termasuk super divisi spermatophyte atau menghasilkan biji, divisi maghnolyphyta atau tumbuhan yang berbunga.

Nah selain itu, klasifikasi tanaman gandaria yang lainnya yaitu termasuk kelas magnoliopsida atau tumbuhan berkeping dua, sub kelas rosidae, memiliki ordo sapindales, termasuk famili anacardiaceae, genus bouea, dan termasuk spesies boeua marcophylla Griff. Itulah adalah klasifikasi lengkap dari tanaman gandaria.

2. Morfologi Tanaman Gandaria

a. Batang Pohon

Ciri umum dari batang pohon gandaria ini memiliki tinggi yang sangat panjang. Bisa kamu bayangnkan bahwa batang pohon gandaria memiliki tinggi mencapai 27 meter. Nah, batang pohon tanaman gandaria ini memiliki tajuk yang membulat. Untaiannya pun juga sangat banyak sehingga pohon ini pun juga terasa rimbun. Namun sayangnya, pertumbuhan batang pohon gandaria ini sangatlah lambat. Tidak heran untuk sekarang tanaman ini sangatlah langkah sekali.

b. Daun

Gandaria memiliki daun dengan bentuk yang memanjang. Selain meanjang, bentuk daun dari gandaria ini juga ada yang berbentuk langset atau jorong. Ciri fisik daun gandaria ini yaitu memiliki permukaan daun yang sangat mengkilat. Daun gandaria memiliki ujung yang sangat runcing dan ukurannya pun cukup besar. Panjang daun gandaria mencapai 11-45 cm sedangkan lebarnya mencapai 4-13 cm.

c. Bunga

Berbicara tentang bunga tanaman gandaria, letak bunganya berada di ketiak daun. Ciri fisik bunga tanaman gandaria yaitu berbentuk malai dengan memiliki warna bunga yang kekuningan. Namun seiring berjalannya waktu, warna bunga gandaria berubah menjadi warna kecoklatan. Nah selain itu, bunga tanaman gandaria juga memiliki ciri fisik yang lainnya yaitu memiliki bentuk yang agak bulat dengan diameter antara 2.5-5 cm.

d. Buah

Untuk kamu yang masih merasa asing dengan buah tanaman gandaria, disini saya akan mendeskripsikan tentang ciri fisik buah tanaman gandaria. Secara umum, tanaman gandaria memiliki warna hijau ketika masih muda, dan ketika sudah tua buah gandaria berubah warnanya menjadi kuning bahkan bisa berubah warna menjadi jingga.

Selain itu, buah gandaria ini memiliki daging buah, dimana daging buahnya mengeluarkan cairan yang sangat kental serta mengeluarkan bau yang sangat khas dan sangat menyengat. Nah, untuk soal rasa seperti yang sudah dijelaskan diatas tanaman gandaria memiliki rasa yang asam dan ada juga yang manis.

 

Nah itulah klasifikasi dan morfologi tanaman gandaria. Dengan membaca artikel tentang klasifikasi dan morfologi tanaman gandaria, kamu bisa lebih mengetahui tanaman gandaria yang saat ini sudah mulai jarang ditemukan. Bahkan kamu pun juga merasa asing bukan dengan tanaman ini ?. Semoga artikel ini, kamu tidak asing lagi dengan tanaman gandaria ini. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gandaria"