Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung Lengkap

Apakah kamu tahu tanaman jagung? Iya. Tanaman jagung termasuk ke dalam salah satu tanaman populer karena banyak dikenal oleh berbagai masyarakat. Di Indonesia sendiri, tanaman jagung ini menjadi salah satu tanaman pangan yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok. Selain hal tersebut, kamu perlu tahu bahwa tanaman jagung ini sangat mudah untuk dibudidayakan.

Tanaman yang termasuk dalam famili Poaceae memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Misalnya seperti melawan kanker, mencegah anemia, kaya sumber protein, kaya akan sumber kalium, dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh. Tanaman jagung ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dibakar, atau diolah menjadi sebuah makanan lezat dan bergizi.

Dalam sebuah ilmu penggolongan tumbuhan, kamu perlu mengetahui dengan jelas dan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jagung. Jagung ini mempunyai nama ilmiah Zea mays L, untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jagung, simaklah ulasannya di bawah ini.


Klasifikasi Tanaman Jagung yang Harus Kamu Tahu

Untuk mengenal tanaman jagung secara keseluruhan, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman jagung terlebih dahulu. Dalam sebuah taksonomi atau yang biasa dikenal sebagai sistematika tumbuhan, tanaman jagung dapat diklasifikasikan ke dalam sebuah kingdom Plantae. Kingdom Plantae ini menunjukkan bahwa jagung ini merupakan tanaman.

Tanaman jagung juga termasuk ke dalam divisi atau fillum Angiospermae. Selain itu, jagung ini termasuk ke dalam kelas Monocotyledoneae. Hal ini menunjukkan bahwa jagung ini merupakan tumbuhan dengan biji yang berkeping satu. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa jagung ini termasuk ke dalam ordo atau bangsa Poales.

Selain hal di atas, jagung juga termasuk dalam famili atau suku Poaceae dengan genus atau marga Zea. Kamu harus selalu ingat bahwa tanaman jagung ini termasuk spesies atau jenis Zea mays L.

 

Morfologi Tanaman Jagung yang Harus Kamu Tahu

Agar kamu memahami sebuah ilmu penggolongan tumbuhan dengan lengkap, kamu harus tahu segala hal yang berkaitan dengan klasifikasi dan morfologi tanaman jagung. Kedua hal ini tidaklah dapat terpisahkan. Morfologi tanaman jagung yang harus kamu tahu dijelaskan sebagai berikut.

1. Morfologi Akar Tanaman Jagung

Tanaman jagung berakar serabut dengan kedalaman yang dapat mencapai 8 meter. Namun biasanya hanya mencapai 2 meter. Pada akar tanaman jagung yang sudah dewasa biasanya akan muncul akar adventif. Akar ini dapat membantu pertumbuhan tanaman jagung agar tumbuh tegak.

 

2. Morfologi Batang Tanaman Jagung

Kamu harus tahu bahwa tanaman jagung mempunyai batang tegak tang beruas dan mudah terlihat. Ruas batang jagung ini terbungkus pelepah daun yang berasal dari buku. Hal inilah yang dapat membuat tanaman jagung tumbuh kuat.

 

3. Morfologi Daun Tanaman Jagung

Tanaman jagung mempunyai daun yang letak tulang daunnya sejajar dengan ibu tulang. Permukaan daunnya biasanya berambut dan juga licin. Daun tanaman jagung ini juga termasuk daun yang sempurna dengan bentuk daun yang panjang.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Jagung

Tanaman jagung mempunyai dua bunga, yaitu bunga jantan dan bunga betina yang umumnya terpisah dalam satu tanaman. Perlu kamu tahu bahwa bunga jantan biasanya tumbuh di bagian puncak tanaman jagung.

 

5. Morfologi Tongkol Tanaman Jagung

Tongkol tanaman jagung berasal dari buku. Tongkol ini terletak di antara batang dan pelepah daun tanaman jagung. Umumnya, satu tanaman jagung hanya menghasilkan satu buah tongkol yang bersifat produktif saja, meskipun tanaman jagung ini mempunyai beberapa bunga betina.

 

Demikianlah penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jagung. Hal ini perlu kamu ketahui dengan lengkap agar kamu mengetahui dan lebih mudah memahami sebuah ilmu penggolongan tumbuhan, terutama tanaman jagung. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung Lengkap"