Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Strawberry

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Strawberry atau Stroberi Lengkap

Buah Strawberry atau biasa dikenal dengan nama latin atau nama ilmiah Fragaria vesca L merupakan buah  dari jenis beri – beri an. Tetapi, dari semua jenis beri – berian, buah strawberry merupakan yang paling populer dan menjadi primadona di antara beri – berian lainnya. Buah strawberry pertama kali di budidayakan pada jaman Romawi Kuno di kota Inggris. Terdapat dugaan bahwa buah Strawberry merupakan persilangan antara Fragaria Chiloensis (berasal dari Chilie) dan Fragaria Virginana (berasal dari Amerika Utara).

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Strawberry

Buah Strawberry merupakan tanaman sub tropis yang akan menyesuaikan diri dengan sangat baik di dataran yang mempunyai temperatur antara 17 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Dataran yang dimaksut tak lain adalah dataran tinggi, tentu saja dengan curah hujan yang tinggi pula. Dengan begitu, tanaman buah Strawberry akan tumbuh dengan lebat dan mempunyai rasa yang manis. Berikut merupakan penjelasan lanjutan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry :

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Strawberry

1. Klasifikasi dari tanaman Strawberry

Tanaman Strawberry mempunyai klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

a. Kingdom : Plantae

b. Sub kingdom : Tracheobionta

c. Divisi : Spermatophyta

d. Subdivisi : Angiospermae

e. Kelas : Dicotyledone

f. Ordo : Rosales

g. Famili : Rosaideae

h. Sub famili : Rosaceae

i. Bangsa : Potentilleae

j. Sub bangsa : Frafariinae

k. Genus : Fragaria

l. Spesies : Fragaria vesca L

 

2. Morfologi dari tanaman Strawberry

Selain klasifikasi ilmiah, kami juga akan membahas tentang morfologi dari tanaman Strawberry. Berikut adalah morfologinya :

a. Akar tanaman Strawberry

Tanaman strawberry mempunyai tipe akar serabut yang tumbuh dangkal di bawah tanah. Selain itu, akar tersebut menyebar di dalam tanah secara horizontal sepanjang 30 cm. Sedangkan secara vertikal, akarnya dapat mencapai panjang 40 cm.

 

Akar dari tanaman strawberry itu sendiri muncul dari batang pendek nan tebal dan berbetuk seperti rumpun dan dari rumpun tersebut tunas baru akan terbentuk.

Tunas baru yang terbentuk akan membentuk sulur dan bunga baru yang merupakan bagian dari klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry.

 

b. Batang tanaman Strawberry

Tanaman strawberry termasuk tanaman yang mempunyai batang utama yang pendek. Ia juga mempunyai Internode yang sangat pendek, hal ini mengakibatkan jarak daun antara yang satu dengan yang lain sangat dekat serta kecil. Hal ini menyebabkan penampilan daun tanaman strawberry terlihat seperti rumpun tanpa adanya batang. Pada batang utama tanaman strawberry daunnya tersusun dengan rapat, serta mempunyai ukuran yang bervariasi.

 

Hal – hal tentang klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry  ini pun dipengaruhi oleh umur, kondisi lingkungan, serta tingkat perkembangan tanaman strawberry.

 

c. Daun tanaman strawberry

Bentuk dari daun tanaman strawberry adalah melingkar seperti rumpun, lebat, mempunyai 3 anak daun (majemuk), serta tepi daunnya bergerigi.

 

d. Bunga tanaman strawberry

Tanaman strawberry mempunyai bunga dengan 10 kelopak hijau, 5 mahkota putih, 60 hingga 600 putik akan dihasilkan, dan 20 hingga 35 benang sari yang tersusun rapi. Penyerbukan akan dilangsungkan secara silang dengan bantuan angin, manusia, dan juga serangga pada klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry tersebut.

 

e. Buah strawberry

Tanaman strawberry mempunyai buah yang semu, berbentuk oval yang lonjong berwarna merah atau terkadang berwarna pink. Rasa buah strawberry pun beragam, ada yang manis, kecut, bahkan hambar.

 

f. Biji tanaman strawberry

Tanaman strawberry mempunyai biji buah yang sangat mini meskipun biji yang dihasilkan selalu banyak. Biji tanaman strawberry terletak di dalam daging buah.

Dari klasifikasi dan morfologi tanaman strawberry tanaman yang telah kami jabarkan di atas, kalian dapat mempelajari lebih lanjut tentang tanaman strawberry. Selain rasanya yang manis keasam – asaman, buah ini pun mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Strawberry"