Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan morfologi tanaman tomat

Klasifikasi dan morfologi tanaman tomat Lengkap 

Tanaman tomat merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang mempunyai nama latin Solanum lycopersicum. Tanaman ini mempunyai siklus hidup yang cukup singkat dan mempunyai tinggi dari 1 meter hingga meter. Batang dan daun tomat tidak dapat dikonsumsi karena mengandung alkaloid. Hal ini disebabkan karena tomat masih satu family dengan kentang dan juga tanaman terong.


Cara menanam tomat pun tidak rumit, anda hanya perlu menyemainya terlebih dahulu sampai tumbuh 4 daun sejati, lalu ditanam. Karena siklus hidupnya yang singkat, panen tanaman tomat dapat dimulai semenjak 9 minggu setelah menanamnya. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang klasifikasi dan morfologi tanaman tomat :

Klasifikasi dan morfologi tanaman tomat

1. Klasifikasi dari tanaman tomat

Dalam klasifikasi dan morfologi tanaman tomat, kali ini kami akan membahas tentang klasifikasi ilmiah dari tanaman tomat terlebih dahulu. Berikut penjelasannya :

a. Kingdom : Plantae

b. Divisi : Spermatophyta

c. Subdivisi : Angiospermae

d. Kelas : Dicotyledoneae

e. Ordo : Plemoniales

f. Famili : Solanaceae

g. Genus : Lycopersion

h. Species : Lypersion esculentum Mill

 

2. Morfologi dari tanaman tomat

Dalam klasifikasi dan morfologi tanaman tomat, kita akan membahas tentang ciri – ciri tanaman tomat. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

a. Akar tanaman tomat

Tanaman tomat mempunyai jenis akar tunggang dan akarnya dapat tembus di kedalaman tanah serta dibarengi oleh akar jenis serabut yang tumbuh di permukaan tanah. Berdasarkan sifat dari akar tanaman tomat ini, sebaiknya para petani yang ingin memiliki tanaman yang sehat hendaknya menanam di tanah yang gembur nan subur serta banyak mengandung unsur – unsur hara yang baik.

 

b. Batang tanaman tomat

Dalam klasifikasi dan morfologi tanaman tomat kali ini kana membahas tentang batang tanaman tomat. Tanaman tomat memiliki batang yang berbentuk seperti persegi empat dan juga ada yang berbentuk bulat. Meskipun tekstur batang tanaman ini lunak, tetapi ia tetap kuat. Batang tomat mempunyai bulu – bulu halus dengan ruas yang tebal, dan mempunyai warna hijau. Selain itu, cabang dari batang tanamn ini begitu banyaknya hingga tidak beraturan.

 

c. Bunga tanaman tomat

Tanaman tomat ini mempunyai bunga dengan ukuran yang kecil, ia mempunyai diameter sekitar 2 cm serta berwarna kuning. Ia mempunyai kelopak berwarna hijau yang berjumlah 5 buah yang berada di bagian pangkal bunga. Selain tu, mahkota bunga dari tanaman tomat bisa ditemukan di dalam bunganya.

 

d. Buah tanaman tomat

Tanaman tomat mempunyai buah - buah yang bervariasi sekali, baik dari sisi bentuk maupun ukuran dan warna. Hal ini disebabkan dan tergantung oleh varietasnya. Terdapat buah tanaman tomat yang bentuknya bulat, sedikit bulat, lonjong dan adapula yang mempunyai bentuk bulat persegi. Dari sisi ukuran, terdapat tanaman tomat dengan ukuran mulai dari 8 gram hingga 180 gram per buah. Dari sisi warna, terdapat tanaman tomat berwarna kekuningan, kemerahan, hijau muda bahkan belang-belang kemerahan.

 

e. Daun tanaman tomat

Tanaman tomat mempunyai daun yang berbentuk oval dan mempunyai gerigi di bagian tepi sehingga membentuk celah untuk sedikit menekuk ke bagian dalam. Warna dari daun tanaman tomat adalah hijau dan tergolong daun yang majemuk ganjil karena berjumlah 5 buah hingga 7 buah. Ukurannya pun mulai dari 15 cm hingga 30 cm dengan lebar 10 cm hingga 25 cm. Yang terakhir, tanaman tomat memiliki tangkai dengan panjang 3 cm hingga 6 cm.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman tomat yang perlu anda tahu. Terlepas dari itu, tanaman tomat juga bermanfaat sekali untuk kesehatan anda. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda! 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan morfologi tanaman tomat"