Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan morfologi tanaman salak

Klasifikasi dan morfologi tanaman salak Lengkap

Salak memiliki nama latin Salacca zalacca merupakan tanaman yang di kelilingi duri pada batangnya, sekilas tanaman ini mirip dengan daun dari buah kelapa namun memiliki tinggi yang pendek daripada pohon kelapa yang mampu mencapai tinggi 7 hingga 10 meter. Buah yang muncul pada pohon salak berada pada posisi bawah pohon nya dan bergerombol. Buah salak sendiri memiliki rasa manis dengan bercampur rasa sepat pada daging buahnya, dari banyak jenis buah salak hanya beberapa saja yang di kenal dan berhasil di kembang biakan sebagai tanaman yang menunjang ekonomi manusia. Berikut klasifikasi dan morfologi tanaman salak :

Klasifikasi dan morfologi tanaman salak

1. Klasifikasi tanaman salak

Berikut merupakan nama – nama ilmiah dari tanaman salak :

a. Kingdom : Plantae

b. Subkingdom : Trachebionta (merupakan tumbuhan berpembuluh)

c. Super Divisi : Spermatophyta (dapat menghasilkan biji)

d. Divisi : Magnoliophyta (termasuk tumbuhan berbunga)

e. Kelas : Liliopsida (tanaman monokotil)

f. Sub kelas : Arecidae

g. Ordo : Arecales

h. Familia : Arecaceae (tergolong suku  pinang – pinangan)

i. Genus : Salacca

j. Spesies : Salacca zalacca (Gaertn) Voss

 

2. Morfologi tanaman salak

Berikut merupakan morfologi dari tanaman salak yang perlu diketahui :

a. Buah

Klasifikasi dan morfologi tanaman salak yaitu pada buahnya memiliki warna kuning kecokelatan dan ada biji buah yang cukup besar pada bagian daging buah salak. Daging buahnya sendiri memiliki rasa yang manis dengan sedikit sepat. Kulit dari buah salah di tutupi dengan kulit yang berbentuk mengerucut dan ujung  kulit yang tajam pada setiap ujungnya. Buah salak sendiri terdiri dari beberapa keping buah dalam 1 kulit antara 2 sampai 4 keping buah dalam satu kulitnya.

 

b. Pohon

Sebenarnya salak merupakan tumbuhan yang tidak memiliki batang pada pohonnya, dengan ciri khas berupa duri tajam yang banyak tumbuh pada setiap daunnya.  Klasifikasi dan morfologi tanaman salak memiliki karakteristik adalah pohonnya yang cenderung menjalar ke arah bawah bari permukaan tanah. Tanaman ini banyak di tanam dan mampu tumbuh dengan subur pada daerah yang memiliki udara sejuk. Pohon salak memiliki sifat berumpun sama hal dengan pisang yang selalu tumbuh tunas baru pada bagian bawahnya.

 

c. Daun

Sedangkan untuk Klasifikasi dan morfologi tanaman salak memiliki bentuk yang menyirip menyerupai daun pada pohon kelapa. Akan tetapi perbedaan yang paling mencolok adalah duri yang banyak terdapat pada tanaman tersebut dengan warna duri kehitaman yang mengelilingi daun dari tanaman tersebut. Dengan bentuk daun yang memanjang dan menjulang ke atas seperti hal nya daun pada pohon kelapa.

 

d. Bunga

Seringkali bunga dari buah salak tidak terlihat hal tersebut dikarenakan bunga dari buah salak pada dalam pohon yang tertutup oleh daunnya. Yang pada awal mula kemunculan bunga tersebut akan tertutup dengan lapisan serabut halus pada pohon salak. Sedangkan untuk bunga dari buah salak nya sendiri memiliki tongkol buah sepanjang setengah hingga satu meter tergantung pada kondisi tanaman salaknya.Itu tadi beberapa klasifikasi dan morfologi tanaman salak yang perlu anda ketahui, rasa buah pada pohon salak tergantung pada varietas salak yang ditanam oleh para petani.

Di samping penjelasan di atas, rasa dari buah pohon salak juga tergantung pada kondisi tanah dimana pohon salak tersebut tumbuh. Karena tumbuhan membutuhkan zat-zat tertentu yang berada dalam tanah untuk menunjang hidupnya. Hal ini terjadi kontras dengan keadaan tanah tempat pohon tersebut tumbuh dan juga cuaca, karena semakin panas tempat pohon salak tersebut tumbuh semakin kecil buah yang akan dihasilkannya. 

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan morfologi tanaman salak"