Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Lengkap

Apakah kamu pernah makan buah jambu? Perlu kamu tahu bahwa jambu merupakan buah yang sangat populer dan dikenal dengan sangat baik oleh masyarakat. Tanaman jambu ini berasal dari sebuah daerah tropis yang berada di Amerika.

Tanaman yang termasuk ke dalam famili Myrtaceae ini mempunyai batang yang bersifat keras dengan panjang sekitar 10 sampai 20 meter, bahkan ada yang lebih dari itu. Buah dari tanaman jambu ini berbentuk bulat dengan warna hijau muda yang sedikit kekuningan.

Untuk mengetahui lebih jelas ilmu penggolongan tumbuhan jambu ini, kamu perlu mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman jambu itu sendiri. Untuk mengetahui penjelasan lengkap terkait klasifikasi dan morfologi tanaman jambu, simaklah ulasannya berikut ini.

 

Klasifikasi Tanaman Jambu

Untuk mengenal tanaman jambu secara lengkap, kamu perlu mengenal klasifikasi dan morfologi tanaman jambu terlebih dahulu. Berdasarkan sistematika tumbuhannya, tanaman jambu ini berada dalam kingdom Plantae yang menunjukkan bahwa jambu ini merupakan sebuah tumbuhan.

Tanaman jambu mempunyai sub kingdom Tracheobionta yang berarti tumbuhan yang memiliki pembuluh. Selain itu, tanaman jambu juga berada dalam super divisi Spermatophyta yang berarti tanaman yang dapat menghasilkan biji, dan divisi Magnoliophyta yang menandakan bahwa jambu merupakan tanaman yang berbunga.

Tanaman jambu merupakan tanaman dikotil atau yang berkeping dua, sehingga tanaman jambu ini berada dalam kelas Magnoliopsida dengan sub kelas Rosidae dan ordo Myrtales. Untuk famili, jambu ini termasuk suku jambu-jambuan atau Myrtaceae dengan genus Psidium dan spesies Psidium guajava L.

 

Morfologi Tanaman Jambu

Untuk mengetahui ilmu penggolongan tanaman jambu dengan lengkap, kamu harus memahami klasifikasi dan morfologi tanaman jambu itu sendiri setelah dijelaskan tentang klasifikasi tanaman jambu di atas, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap terkait morfologi tanaman jambu.

1. Morfologi Akar Tanaman Jambu

Tanaman jambu memiliki akar tunggang yang bercabang. Akar tanaman jambu ini tumbuh lurus dalam tanah dengan bentuknya yang meruncing panjang. Perlu kamu tahu bahwa tanaman jambu ini mempunyai cabang yang banyak dengan warna cokelat muda sampai tua. Akar tumbuhan jambu ini sangatlah kuat karena berfungsi untuk menyokong tanaman jambu.

 

2. Morfologi Batang Tanaman Jambu

Tanaman jambu mempunyai batang yang keras dengan permukaan yang licin dan halus. Batangnya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 10 sampai 20 cm, bahkan ada yang lebih dari itu. Batang tanaman jambu juga tumbuh dengan sangat kuat dengan ruas yang pendek dan terdapat banyak cabang di batang tanaman jambu tersebut.

 

3. Morfologi Daun Tanaman Jambu

Untuk morfologi daun tanaman jambu bentuknya oval dengan warna hijau muda sampai tua. Daun jambu ini mempunyai tulang daun yang berjumlah sekitar 5 sampai 10 dalam satu daun. Daun jambu ini dapat dimanfaatkan untuk proses fotosintesis.

 

4. Morfologi Bunga Tanaman Jambu

Tanaman jambu mempunyai bunga yang berwarna putih dan terdiri dari dua mahkota bunga yang biasanya terdiri dari 4 sampai 5 kelopak. Mahkota bunga tanaman jambu ini juga mempunyai tangkai sari yang warnanya cerah. Bunga tanaman jambu ini akan menjadi bakal buah yang penyerbukannya dibantu oleh angin dan juga serangga.

 

5. Morfologi Buah dan Biji Tanaman Jambu

Tanaman jambu mempunyai buah yang berbentuk bulat dengan warna hijau kekuningan. Buah ini tergolong buah tunggal karena satu bunga hanya menghasilkan satu buah saja. Buah jambu berdaging tebal berwarna putih dengan disertai biji. Dalam satu buah jambu biasanya terdapat biji sekitar 50-100 biji.

 

Itulah penjelasan lengkap tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jambu yang perlu kamu tahu. Hal ini perlu kamu tahu agar kamu lebih mengenal dan mengerti secara lengkap tentang tanaman jambu berdasarkan ilmu penggolongan tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu"